Mengapa Wajib Membersihkan Kandang Ayam untuk Kesehatan Ayam

Kita wajib sering-sering mengamati ayam kita, melacak gejala perilaku tidak normal atau gejala penyakit. Kita wajib segera mengikis ayam yang agresif, sakit atau terluka. Ayam yang punyai kecenderungan makan telur juga wajib dibuang, karena cepat atau lambat semua ayam lain dapat mencontoh perilaku ini. Pada umumnya, kala ayam kita kehilangan nafsu makan, tidur sepanjang hari, batuk, menggeleng-gelengkan kepalanya, mengalami ada masalah bernapas atau mengalami perubahan mendadak terhadap kulit mereka, kita wajib menghubungi dokter hewan berlisensi secepatnya.

Oleh sebab itu, pastikan kamu mengetahui ketetapan yang berlaku di lingkungan daerah tinggalmu. Jika mesti minta izin kepada ketua RT, RW, dan warga sedtempat berkenaan niatmu memelihara ayam di rumah. Apabila kamu memiliki sedikit area kosong atau halaman belakang yang sempit, agaknya kamu mesti berpikir lagi perihal niatmu memelihara ayam.

Pasalnya, tidak sehat membebaskan ayam hidup di area yang sempit. Seminimalnya, setiap ayam mesti memiliki area gerak kurang lebih 1 mtr. persegi. Ini baru dikatakan sebagai cara memelihara ayam yang baik. Itu pun baru satu ayam, bagaimana jikalau kamu memelihara lebih berasal dari 5 ayam? Maka, kamu memerlukan lahan yang lumayan luas untuk memelihara ayam-ayam tersebutt.

Mengapa Wajib Membersihkan Kandang Ayam untuk Kesehatan Ayam

Bronkitis infeksiosa mungkin merupakan penyakit ayam yang paling umum. Virus ini bergerak cepat di hawa dan sangat bisa memusnahkan ribuan kawanan di suatu wilayah. Gejala yang paling lazim adalah batuk-batuk, terengah-engah, depresi dan diare. Anda bisa memvaksin ayam anda terhadap bronkitis infeksiosa.

Namun, tidak safe melewatkan ayam kamu memakan tanaman tak dikenal. Saat beternak ayam, kamu terlampau dianjurkan untuk menyingkirkan tanaman nightshade (tomat, kentang, terong dll) dari ladang anda, dikarenakan daun dan anggota lain dari tanaman ini beracun bagi ayam. Tanaman hias lain (Azalea) dan semak-semak sudah diketahui beracun bagi ayam dan mampu memicu keadaan yang mengancam jiwa sehabis memakannya bahkan satu daun kecil.

Mengapa Wajib Membersihkan Kandang Ayam untuk Kesehatan Ayam

Meskipun tanah lapang dengan flora yang kaya dan bervariasi adalah sumber makanan yang terlampau baik, mesti diingat bahwa selama musim dingin, bahkan jikalau tanah lapang kamu mampu tawarkan flora yang memadai dan bahkan jikalau kamu sudah mengakses pintu kandang ayam, kemungkinannya adalah bahwa ayam tidak bakal terlihat kandang nyaris selama hari. Akibatnya, di dalam banyak kasus, kita mesti punyai persediaan pakan ayam komersial yang memadai untuk tawarkan nutrisi seimbang kepada ayam kita dengan kandungan protein dan serat yang memadai.

Erisipelas juga bisa jadi masalah utama, terutama untuk ayam kampung di ladang dan peternakan yang di awalnya menampung babi atau kambing. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Erysipelothrix insidiosa dan bisa menyebabkan kematian mendadak. Gejala yang paling lazim adalah depresi, kantuk dan bengkak. Berita buruknya adalah bahwa bakteri ini bisa hidup di tanah alkali sepanjang bertahun-tahun, sangat tahan terhadap disinfektan. Berita baiknya adalah erisipelas bisa diobati jikalau didiagnosis terhadap step awal. Cacar Unggas, Botulisme dan Kolera Unggas juga merupakan penyakit ayam yang umum. Anda bisa memperkaya artikel ini dengan meninggalkan komentar atau foto penyakit atau metode penyembuhan ayam anda. Nah itulah Mengapa Wajib Membersihkan Kandang Ayam untuk Kesehatan Ayam.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *